Peradaban Animasi Dari Masa Kemasa

0
236

Peradaban Animasi Dari Masa Kemasa

Siapa yang tidak kenal film animasi atau film kartun atau Motion. Dari dewasa hingga anak yang baru bisa berjalan tak lepas dengan dengan tontonan visual kreatif ini. Animasi sudah ada pada Puluhan ribu sebelum masehi hingga saat ini dengan teknologi yang semakin maju. Berikut kita kupas tentang ­Peradaban Animasi dari masa kemasa :

1. Dari Zaman Batu (Stone Age)

Lebih dari dua puluh ribu tahun yang lalu Sketsa-sketsa gambar rtefak telah telah di buat pada zaman batu yang di temukan di dalam gua (dulunya sebagai tempat tinggal). Sketsa yang di gambar kebanyakan binatang-binatang buruan. Dan yang mereka berusaha menggambar saat mereka berjalan ataupun berlari.

Gambar beberapa kawanan binatang sedang berlari (Source : Google)

 

 

 

 

 

 

 

2. Zaman Peradaban Kerajaan

Kita berlanjut pada era atau zaman kerajaan, di sini para kerajaan menggunakan media pahat dinding (relief) sebagai pesan yang ingin mereka sampaikan pada rakyat dan sebagai identitas dari kegiatan kerajaan.

Relief Kerajaan Mesir (Source: Google)

 

 

 

 

 

 

 

 

salah satu kerajaan mesir sangat terkenal di dunia dengan salah monumen piramidnya, dan tak hanya itu di dalamnya juga terdapat gambar relief yang menggambarkan kegiatan , kasta kerajaan dan sebagainya pada zaman itu yang sangat menakjubkan hingga ada yang masih belum terpecahkan.

Relief Kerajaan Bedahulu di Bali , Indonesia (Source: Google)

 

 

 

 

 

Di Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak budaya akan seni relief salah satunya Bali (Kerajaan Bedahulu) dan DIY (Candi Borobudur dan candi lainnya). Sama dengan ulasan tentang kerajaan mesir di atas, jika relief di gunakan untuk menggambarkan kegiatan pada zaman tersebut.

Awal Mula Animasi Di Temukan

3. Penemuan “Magic Lantern” oleh Geovanni Fontana (1395-1455)

Magic Lantern” Geovanni fontana yang di kembangkan Christian Huygens (Source:google)

Geovanni adalah seorang dokter dan insinyur  di Venesia, Italia. Dia lahir pada tahun 1390an Lulusan dari University of Padua. Geovanni disebut juga dengan penyihir karena penemuannya. Setelah itu pada abad 17 penemuan Magic Lantern telah di kembangkan dengan lebih baik oleh Christian Huygens tepatnya pada tahun 1650.

4. Penemuan Phantasmagoria (1801)

Phantasmagoria adalah modifikasi pengembangan dari Magic Lantern, Cara kerja alat ini tidak jauh berbeda dengan Magic Lantern dan digunakan untuk menampilkan berupa layar proyeksi dengan menghadirkan gambar hantu sebagai obyeknya. Phantasmagoria muncul pada abad 19 di bawakan oleh Paul Philidor di Teater Lycheum di London.

5. Penemuan Thaumatrope (1824)

Thaumatrope (source : google)

Tak lama setelah alat Proyektor Phantasmagoria populer, pada tahn 1824 munculah Thaumatrope yang ditemukan oleh Sir J. Herschel ilmuwan asal Inggris.tapi John A. Paris yang mempopulerkan saat memerkannya di Royal College of Physicians. Alat ini memiliki dua sisi gambar yang saling berhubungan (umumnya berbentuk lingkaran seperti Tazos) dan terdapat tali atau benang di kedua sisi berlawanan.  Cara kerjanya hanya memutar-mutarnya secara vertikal. Saat di putar?? Sungguh Amazing (di era tersebut 😀 :D)

6. Penemuan Phenakistoscope (1831)

Alat Phenakistoscope 1 ( source : google)

Phenakistoscope bisa di katakan adalah alat animasi pertama yang menampilkan gambar-gambar terlihat nyata bergerak seakan-akan hidup. Phenakistoscope di temukan oleh Joseph Plateau dan di kembangkan oleh Simon V. Stampfer. Menurut kabar yang beredar Sebelumnya memang telah di lakukan eksperimen oleh ilmuwan yunani yakni Euclid.

Berikut Tampilan Phenakistoscope saat di putar

Tampilan Phenakistoscope saat di jalankan (source: Google)

7. PENEMUAN FLIP BOOK

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah melihat cara kerja Fiip Book. Alat ini Flip Book /kineograph di temukan oleh John B. Lannett pada tahun 1868.

Flip Book (Sumber : Google)

 

 

 

 

 

 

8. Penemuan Praxinoscope (1877) & Optic Theare (1888)

Praxinoscope (Source : google)

Praxinoscope ditemukan oleh Ilmuwan asal prancis yakni Charles E. Reynaud. Bentuknya menyerupai Zoetrope dan cara kerja alat ini seperti Phenakistoscope. Pada tahun 1892 Reynaud memproyeksikan animasi film perdana di dunia yang di depan umum yang berjudul Pauvre Pierrot di paris, Khususnya di Museum Musee Grevin. Tapi masa tua Reynaud tak seindah karyanya, dia kehabisan uang hingga hingga jatuh sakit dan meninggal di rumah sakit tepi Seine.

Pauvre Pierrot aka poor pete karya Charles E. Reynauld (sumber : google)
Facebook Comments
1
2
SHARE
Previous articleMafia III