GPUPI: International Support Thread

0
32

GPUPI: International Support Thread

Sekitar dua bulan lalu, Karl Turrican teman kita meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil yang cukup mengerikan. Dia adalah bagian besar dari komunitas kita dan yang tersisa hanya kenangan dari Legen overclocker Austria ini! Dedikasinya yang sangat tinggi  untuk dunia overclocking dan dimana ia sudah memegang gelar Hardware tertinggi dalam waktu yang lama dan juga dia sebagai anggota staf, Karl berhasil membuat database hardware.

Berangkat dari rasa duka yang mendalam, saya mulai mencoba membuat proyek ini sebagai Monumen ( kenangan ) Virtual. Ini adalah sebuah penghormatan dalam dunia SuperPI, dan apa yang  Turrican berikan dalam setiap platform yang memungkinkan, untuk menghitung Pi sepenuhnya, memparalelkan pada VGA Card dan CPU. Jadi mari kita lengkapi dan melakukan apa yang Karl Turrican tunjukan pada kita di tahun ini : Bench the hell out of GPUPI!

 Itulah ungkapan bela sungkawa dan rasa duka dari teman-teman Karl Turrican, yang akhirnya membuat sebuah proyek untuk Turrican, sebagai kenangan. Dan meninggalnya Turrican sebenarnya sudah cukup lama yakni pada tahun 2014-09-06.

 Technical Details

Benchmark GPUPI menghitung Pi konstan matematis secara paralel dengan menggunakan rumus BPP dan mengoptimalkan OpenCL. Perangkat yang mampu bekerja untuk GPU dan CPU. Program GPUPI Ini menggunakan bahasa C ++, STL dan murni Win32,

Hasil benchmark akan menampilkan sembilan digit pi dalam heksa desimal. Jadi Anda tidak perlu susah untuk menghitung pi di 1M (1 miliar) dan untuk menampilkan semua digit seperti perhitungan seri yang ditampilkan dari Pi, tetapi hanya menampilkan sembilan digit angka setelah bilangan milyar digit heksa desimal. Keterbatasan ini disebabkan oleh sifat dari implementasi paralel dan rumus Pi yang digunakan.

Rumus BPP yang digunakan untuk menghitung pi di benchmark ini perhitungannya dibagi menjadi bagian kecil yang disebut batch dan terdiri dari jutaan perhitungan dari seri jangka BPP pada setiap inti komputasi perangkat yang dipilih.

Setelah itu jutaan hasil perantara akan diakumulasikan dalam bentuk memori untuk mendapatkan hasil tunggal per batch. Teknik ini sangat umum dalam aplikasi paralel dan disebut sebagai pengurangan memori. Penggunaan pengukuran Batch dan Pengurangan Ukuran dalam setting dialog digunakan untuk fine tune penjumlahan dan pengurangan perangkat yang dipilih.

Benchmark ini sangat bergantung pada kinerja bilangan 64 bit. Selain itu setiap perhitungan jangka serangkaian rumus BPP membutuhkan sebuah divisi yang menggunakan presisi ganda. Hasilnya disimpan dan akhirnya terakumulasi sebagai ganda. Dua ganda dikombinasikan untuk presisi lebih tinggi. Dimulai dengan 1 Miliar digit setiap kernel harus menggunakan kustom bilangan 128 bit secara rutin jika diperlukan.

Apa Ukuran Batch?

Batch Size adalah jumlah perhitungan parsial, yang akan digunakan untuk menghitung hasilnya. Jadi 1M berarti satu juta panggilan kernel secara bersamaan dipanggil ke perangkat OpenCL. Sebelum jumlah parsial yang di hitung akan dikurangi menjadi satu, yang akan kembali digunakan persamaan untuk menghitung akhir angka pi. Jadi Ukuran Batch penting untuk dua hal: Pemanfaatan inti dan Alokasi memori.

Yang paling penting khususnya untuk GPU adalah pemanfaatan core pada perangkat. Beberapa GPU menangani jumlah yang lebih tinggi dari panggilan kernel sekaligus lebih efisien daripada yang lain. Ini garis halus dan Anda harus menguji beberapa ukuran batch pada kartu grafis baru. Tapi memilih dengan bijak sebagai ukuran batch yang lebih besar juga mempengaruhi penggunaan memori, yang akibatnya harus dikurangi. Oleh karena itu perhitungan dan pengurangan waktu ditunjukkan secara terpisah setelah jangka patokan untuk melihat apa dampak saat pengaturan ukuran batch Anda.

By the way, batch yang ditampilkan saat menjalankan benchmark tidak sama dengan batch yang telah Anda atur ukurannya. Batches  adalah sesuatu yang semu yang berisi beberapa batch yang lebih kecil untuk menunjukkan peningkatan perhitungan.

 

http://www.xtremesystems.org/forums/showthread.php?289548-Extreme-Legend-Turrican

http://forum.hwbot.org/showthread.php?t=113455

http://hwbot.org/newsflash/2658_turrican_staff_member_at_hwbot_has_passed_away

http://oc-esports.io/#!/round/turrican_memorial

 

Facebook Comments