Motherboard Dan Chipset Serta Sistem Kerja

0
206

Motherboard Dan Chipset

Serta Sistem Kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbicara motherboard pastilah kita tidak akan bisa melepaskan yang namanya chipset. Chipset yang tertanam dalam tubuh motherboard merupakan “polisi” yang lalu lalang untuk menyaksikan dan memantau kinerja dari seluruh komponen yag ada. Misal, hubungan antara motherboard itu sendiri dengan prosessor. Belum lagi hubungan dengan memori yang tidak lain adalah tiang kekuatan bangunan dari system.

Maka kali ini kita akan membahas motherboard atau mainboard dengan tidak melupakan chipset itu sendiri. Ya, chipset lah yang akan kita gali lebih dalam agar kita pun tau bagaimana motherboard itu berlari atau berkerja.

 

Motherboard atau sering di sebut mainboard atau juga mobo. Motherboard merupakan bagian terpenting pada sebuah tatanan system computer. Fungsinya adalah untuk menjalankan semua intruksi dari dan ke semua komponen yang diintregrasikan ke dalam system. Oleh karena itu, Motherboard memegang peranan yang sangat penting mengingat keberadaan yang tidak dapat dielakkan.

Sementara itu, produsen Motherboard berlomba-lomba untuk meluncurkan berbagai jenis dan tipe mobo yang bervariatif, mulai dari sisi ekonomis (murah meriah) sampai dengan sisi extreme, mulai dari pemakai pemula sampai dengan para fanatic dan enthusiast. Sudah barang tentu, sebuah Motherboard yang memiliki kemampuan yang baik adalah Motherboard yang menggunakan chipset serta perlengkapan yang komplit nan anggun. Kata ‘anggun’ yang dimaksud di dunia mobo adalah yang memiliki komponen unggulan. Mulai dari chipset,capasitor,pendingin, post LED dan lain-lain. Setidaknya dengan komponen yang baik, akan tercermin ketangguhan serta kemampuan sebuah Motherboard yang layak pakai.

 

Disisi lain,motherboard yang memiliki harga jual yang ekonomis akan menawarkan feature serta kemampuan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobo yang berada pada kelas extreme / high end. Penggunaan komponen yang diintegrasikan pada mobo akan jauh lebih terjangkau. Resikonya, ganggguan serta kerusakan yang terjadi akan jauh lebih banyak ditimbulkan. Setidaknya kemampuan yang dihasilkan akan sangat terbatas.

 

Begitupun feature yang disertakan. Feature tersebut akan dipangkas sebesar mungkin karena orientasi produksi mobo jenis ini adalah biaya murah serta harga jual rendah.

Seperti yang kita sebutkan di atas, bahwa berbicara motherboard kita tidak akan bisa melepaskan yang namanya chipset. Segudang featur yang terdapat pada motherboard sebenarnya terletak pada tubuh chipset. Chipset- lah yang merupakan “polisi” yang lalu lalang untuk menyaksikan dan memantau kinerja dari seluruh komponen yag ada. Fungsinya adalah untuk menjalankan semua intruksi dari dan ke semua komponen yang diintregrasikan ke dalam system.

 

Facebook Comments