Review Dual Core dan Kisah Kembalinya

 Pentium G3258 Mejeng

Review  Dual Core dan Kisah Kembalinya

Dual Core

Dual Core, siapa yang tidak mengenal nama ini. Nama yang pernah membawa Intel ke puncak kejayaan. Hingga detik ini, Dual Core masih melegenda di kalangan end user. Gebrakan Intel dengan Dual Core pada masa soket LGA 775 mampu menggeser kejayaan AMD Athlon. Bahkan gebrakan itu di-ikuti pula dengan brand Intel lainnya, yakni Core 2 Duo dan Quad Core dan Core 2 Extreme. 4 brand ini-lah yang menemani Intel hampir 5 tahun. Sebelum dikeluarkannya seri dari Core i3, Core i5 dan Core i7 ( generasi Core i ) dengan soket 1366.

Berbagai code name di lahirkan Intel untuk memberikan nama pada anak-anak dari soket LGA 775. Berawal dari code name Conroe, Allendale, Wolfdale, Kentsfield, Yorkfield. Hasil penelusuran kami bahwa soket 775 memiliki tipe sebanyak kurang lebih 50 tipe. Ini semua ditujukan untuk memberikan pilihan kepada kosumen sekaligus berusaha keras untuk menguasai pasar, yang sebelumnya pada masa Pentium 4 dikuasai oleh AMD dengan Athlonnya.

Berangkat dari keberhasilan yang diraih, Intel dengan soket LGA 775 nya, pun berusaha sekuat tenaga untuk tidak melepaskan mahkota yang diraihnya dengan soket LGA 775. Intel pun kembali menggebrak serangan dengan di lahirkanya Penryn.

Lahirnya Penryn yang dibarengi dengan peralihan fabrikasi pada “tik tok’ milik intel mampu memberikan ruang terbaru dari berbagai pencapaian teknologinya. Langkah Penryn sebenarnya adalah langkah baru Intel untuk memperpanjang umur dari soket LGA 775. Pencapaian teknologi yang dari Penryn pada fabrikasi 45 nano meter (nm), membuat Intel lebih ‘ganas’ lagi dalam memproduksi prosesor mereka.

Intel Ivy Bridge Tick Tock
Intel Ivy Bridge Tick Tock

 

Intel Tick Tock
Intel Tick Tock

 

 

Dan di tahun 2009 intel mulai meninggalkan soket LGA. Walaupun masih menggunakan fabrikasi 45 nano meter (nm). Intel banyak melakukan perubahan, walaupun perubahan-perubahan ini sudah lama diterapkan oleh saingan utama mereka,yakni AMD. Namun Intel mampu membuatnya lebih segar. Prosessor tersebut bernama Nehalem. Dari seinilah muncul nama-nama seperti Core i3, Core i5 dan Core i7. Nama-nama ini lah yang sekarang menghiasi dinding-dinding PC dan laptop end user. Dengan soket 1366, awal pertama Intel merubah segalanya secara besar-besaran. Hingga akhirnya proses fabrikasi ini terus berlanjut hingga soket-soket soket 1156, soket 1150, soket 1155, bahkan soket 2011 dan yang ter-anyar adalah soket 1151 untuk generasi core i yang ke 6.

Dan setelah sekian lama ditinggal oleh Dual Core atau dengan kata lain meninggalkan Dual Core, Intel mencoba melahirkan atau juga ingin merambah pangsa pasar dibawah Core i3. Nama Dual Core mencuat kembali setelah beberapa generasi Core i. Ya…, tetapi berbeda fabrikasi, berbeda arsitektur, berbeda Code Nama dan jelas berbeda kinerja.

Beberapa tipe Dual Core dari soket 1155 dengan code nama Sandy Bridge dan Ivy Bridge dan soket 1150 dengan code nama Haswell. Namun ada yang spesial dari salah satu Dual Core yang di tawarkan oleh Intel. Dual Core yang satu ini mempunyai perbedaan tersendiri, dimana dia mempunyai sifat unlocked. Berbeda dengan saudara-saudara nya dari Sandy Bridge dan Ivy Bridge. Dia berasal dari keluarga Haswell dengan tipe G3258.

Dual Core G3258 dengan code name mempunyai performa yang berbeda. Intel sendiri memberikan perhatian yang penuh pada G3258. Walaupun Intel secara resmi tidak memberikan nama ‘Dual Core’, melainkan memberi nama Pentium. Hemat kami Intel mencoba untuk mengingat kembali masa lalu dengan Pentium 4 nya. Dengan harga sangat terjangkau ini menjadi pilihan yang snagat menarik dan menghebat beberapa ratus ribu dibanding dengan Core i3.

Tidak banyak berbicara lagi. Berikut kami berikan ulasan ini kepada anda, berikut kami memberikan perbandingan-perbandingan dengan seri-seri Dual Core lawas yang pernah ada.

BIOS UEFI

MSI_SnapShot_19

 

MSI_SnapShot_22 MSI_SnapShot_21 MSI_SnapShot_20

Facebook Comments

About Team HybridTecno

Check Also

AMD Zen CPU 2016

Bulan Maret 2016 Kelahiran Bayi AMD Zen CPU     Kabar gembira bagi penggemar CPU …