Review Core i5 4670K

 Review Core i5 4670K

Generasi ke 4 Core i

Kesuksesan Core i generasi pertama membuat Intel semakin ganas dalam pertarungan dunia chip prosessor. Terlebih lagi ketika Intel mengeluarkan Core i generasi ke dua-nya dengan code name Sandy Bridge dengan seri core i7 2600K nya semakin melambungkan nama Intel. Disusul kembali dengan generasi ke tiga core i dengan code name Ivy Bridge. Ivy Bridge adalah adik dari Sandy Bridge. Mereka berdua memiliki soket yang sama yakni 1155. Sedangkan teknologi-nya banyak memiliki ke miripan.

Sandy Bridge mengalami perbaikan pada fabrikasi “Tock” namun tidak mengalami perubahan pada fabrikasi nano meter ( nm ) tetap seperti Westmere kakak dari Sandy Bridge yakni 32 nano meter. Sedangkan Ivy Bridge mengalami keseluruhan perbaikan dari jumlah transsistor dan perbaikan fabrikasi nano meter.

intel-core-i-gen-4-haswell-tick-tock

intel-ivy-bridge-tick-tock

slide-ticktock-microarch

Istilah “Tick-Tock” ada skema proses fabrikasi dari pembuatan chip Microarchitecture prosessor. Istilah Tick menandakan perubahan proses fabrikasi dan Tock berarti perubahan proses arsitectur.

Seperti tidak puas dengan keberhasilan yang diraihnya, Intel menggempur dengan serangan terbarunya dengan melahirkan prosesor generasi ke empat, Haswell. Dengan menggunkan skema “Tock” yang di milikinya, Intel hanya melakukan proses perubahan arsitectur, namun tidak mengalami perubahan pada fabrikasi, yakni tetap menggunakan fabrikasi 22 nano meter ( nm ). Dan menanamkan Tri-Gate 3D Transistor pada prosesor terbarunya dengan code name Haswell.

Dengan menggunakan skema “Tock” Intel mampu menanamkan Tri-Gate 3D transistor ke dalam tubuh Haswell hingga mencapai 1,4 milyar. Jumlah yang tidak sedikit untuk ukuran die yang berukuran 178 mm2.

Hampir 3 tahun Intel mempertahankan Soket 1155 untuk tampat singgasana Sandy Bridge dan Ivy Bridge. Dan untuk kali ini Intel merubah soket 1155 menjadi 1150. Mau tidak mau anda yang ingin ber-migrasi ke Haswell harus mengganti motherboard.

 

Intel Sandy Bridge
Intel Sandy Bridge

 

Intel Ivy Bridge
Intel Ivy Bridge

 

 

Intel Haswell
Intel Haswell
Facebook Comments

About Team HybridTecno

Check Also

AMD Zen CPU 2016

Bulan Maret 2016 Kelahiran Bayi AMD Zen CPU     Kabar gembira bagi penggemar CPU …