Home / Review / Motherboard / MSI Z170A XPOWER GAMING TITANIUM

MSI Z170A XPOWER GAMING TITANIUM

Unboxing MSI Z170A XPOWER GAMING TITANIUM EDITION.

 

COVER

 

MSI, sebagai salah satu produsen motherboard dan VGA selalu mengeluarkan berbagai macam inofasi yang membuat kagum para pecinta dunia komputer. Seolah-olah mereka tidak pernah kehabisan ide atau pun inofasi. Inofasi yang selalu mereka hadirkan adalah motherboard. Jelas pula motherboard ini ditujukan untuk enthusiast atau extreme baik yang dijukan untuk para overclocker atau pun gamers. Misalkan saja, motherboard Xpower, Mpower dan seri gaming. Dan baru-baru ini MSI mengeluarkan seri spesial Godlike Gaming dan juga Xpower Gaming Titanium Edition. Dua motherboard istimewa ini memang ditujukan untuk pecinta dunia overclocking dan gaming. Mereka memberikan feature yang berlimpah dan komponen-kompone yang istimewa. Janji yang mereka kepada motherboard ini tidaklah tanggung-tanggung.

Misalkan saja pada Godlike, akan ada led RGB yang selalu menghiasi motherboard ketika dihidupkan. Sedangkan Xpower Gaming Titanium memberikan Titanium Choke yang memiliki peredam panas yang lebih tinggi. Bahkan mereka mengatakan Titanium Choke ini mampu beradaptasi dengan suhu 220 derajat celcius. Tidak hanya Titanium Choke yang hidup dalam motherboard Xpower Gaming Titanium ini, namun dengan Military Class generasi ke 55 ini yang mereka hadirkan adalah, DrMOS mosfet, Hi-c CAP dan Dark CAP. Ke 4 komponen teranyar ini akan hidup dalam PCB yang diselimuti warnah putih metallic.

Belum lagi MSI memberikan OC Dashboard yang ditujukan spesial untuk para overclocker. Di dalam OC Dashboard ini terdapat DirectOC +/-, Slow Mode, Fast Boot dan Discharge.

Feature yang di bawah  Xpower Gaming Titanium Edition :

• Supports 6th Gen Intel Core / Pentium / Celeron processors for LGA 1151 socket
• Supports DDR4-3600+(OC) Memory
• OC DASHBOARD: Experience easier on-the-fly overclocking under the most extreme condition.
• DDR4 Boost: Give your DDR4 memory a performance boost
• USB 3.1 Gen2 2X FASTER: USB 3.1 Gen2 offers performance twice as fast as a regular USB 3.0 connection
• Twin Turbo M.2 64Gb/s + Turbo U.2 ready + USB 3.1 Gen2 Type-A + SATA 6Gb/s
• GAMING LAN with LAN Protect, powered by Intel: The best online gaming experience with lowest latency
• Audio Boost 3: Reward your ears with studio grade sound quality
• Nahimic Audio Enhancer: Immersive sound quality that pushes the limits of reality
• Game Boost: This one goes up to eleven; 8 levels of easy overclocking
• GAMING Hotkey: Assign macros, launch your favorite games or do real-time overclocking using a single button
• Designed for overclocking: with OC Essentials and OC Engine 2
• XSplit Gamecaster v2.5: 1 year free premium license to show off your skills and achievements to the world
• SteelSeries Certified: Optimized for SteelSeries gaming gear
• Military Class 5: The latest evolution in high quality components featuring the brand new Titanium Chokes
• MULTI-GPU with Steel Armor: Steel Armor PCI-E slots. Supports NVIDIA SLI & AMD Crossfire
• Click BIOS 5: Award-winning brand new Click BIOS 5 with high resolution scalable font
• BIOS Flashback+: Easy BIOS recovery without the need of a CPU, memory and VGA card
• GAMING CERTIFIED: 24-hour on- and offline game testing by eSports players for the best gaming experience.

Feature LAN

GAMING LAN dengan Intel.

Untuk memanjakan gaming secara online MSI memberikan feature dengan  Intel i219 LAN. Intel i219 LAN dirancang untuk memberikan kinerja tinggi bebas hambatan

Intel i219 LAN dioptimalkan untuk jalur online dan LAN eSports. Ini semua untuk menjaga akan terjadi  CPU overhead dan juga memberikan TCP yang sangat tinggi. Dengan cara ini, CPU Anda dapat digunakan lebih efektif dan Anda dapat menikmati FPS yang optimal.

LAN Protect.

LAN ini membutuhkan tegangan 15KV perlindungan anti-surge untuk melindungi jaringan dari sambaran petir dan listrik statis, LAN protect ini merupakan konektor LAN yang dirancang untuk memberikan keamanan. Didalam konektor tersebut tedapat led merah yang menunjukkan kinerja dari protect tersebut.

Game Manajemen Bandwidth Dioptimalkan

Didedikasikan untuk memberikan pengalaman yang terbaik terhadap game online yang sedang kita mainkan. MSI GAMING LAN Manager secara otomatis mengklasifikasikan dan memprioritaskan aplikasi latency-sensitif untuk game online.

MSI GAMING LAN Manager.

• Secara otomatis memprioritaskan permainan di atas aplikasi lain.
• Memungkinkan Anda untuk mengubah prioritas lalu lintas online.
• Memungkinkan Anda untuk menyesuaikan bandwidth yang ada

Studio Suara Berkelas Dengan AUDIO BOOST 3

Dengan Audio BOSST 3, dan dukungan dari Nahimic, MSI ingin memberikan kualitas suara tertinggi melalui penggunaan komponen audio berkualitas premium. Dengan cara itu, kita dapat menikmati kejernihan suara, suara dan musik yang jelas melalui 8-channel HD Audio atau headphone.

IMG_4346

 

 

 

OC Essentials

Fitur-fitur dalam OC Essentials yang diberikan oleh MSI antara lain  meningkatkan stabilitas, membantu dalam trouble shooting, memungkinkan kita untuk menjaga sistem dan memberikan kemudahan dalam Overclocking yang kita butuhkan. Berikut fitur yang tersedia di dalam OC Essentials :

EASY BUTTON 3

Seperti biasa di motherboar-motherboard high end kita jumpai beberapa tombol untuk power up, reset ( power down ), atau lainnya yang terdapat di motherboard. Fitur itu ditujukan untuk memudahkan para overclocker dan juga bagi anda yang tidak membutuhkan casing. Namun ini ada perbedaan bahwa tombol ini nyaman dan aman dan juga terdapat led yang menyala, sehingga dapat dengan mudah kita lihat walaupun di lingkungan yang gelap.

 

IMG_4305

 

Direct OC

2 tombol  + dan – . Tombol ini memudahkan kita untuk menyesuaikan Jam Base secara real time, bahkan selama benchmarking. Dan kita bisa beralih ke sistem onboard walau dalam keadaan di OC. Kita pun bisa menaikkan OC kita hingga 1 MHz atau 0,1 MHz. Hal ini jelas mempengaruhi Mulitplier UP / Multiplier down dan juga BCLK UP / BCLK down.

V-Check Points 2

Tombol ini sangat Akurat dalam memantau tegangan saat overclocking. V-Periksa poin 2 mendukung hingga 3 multimeter sekaligus untuk memantau optimal tegangan.

MultiBIOS II

Dengan kita menekan switch, kita dapat mengubah antara chip BIOS yang berbeda untuk pengujian atau pemulihan ketika salah satu BIOS crash. LED di sebelah menunjukkan Chip yang BIOS aktif.

Go2BIOS

Masuk ke  BIOS yang sering gagal bisa menjadi pekerjaan yang membuat waktu terbuang dengan sia-sia. Karena saat ini motherboard dengan BIOS UEFI lebih cepat dari pada BIOS tradisonal, MSI memberikan tambahan fitur dengan memberikan tombol yang disebut GO2BIOS. Cukup dengan menekannya sebelum kita menghidupkan komputer atau sebelum kita restart dan motherbard langsung bisa menjalankan perintah kita tadi untuk masuk ke BIOS.

 

IMG_4306

 

Debug LED

Seperti biasa, debug LED sudah begitu banyak menghiasi motherboard-motherboard high end.

Clear CMOS Button

Semenjak chipset Z77 Mpower MSI memberikan tombol clear CMOS yang diletakkan di belakang board dekat back panel. Dan sekarang hal ini sudah menjadi keharusan motherboard untuk mempunyai tombol ini.

Slow Mode

Modus lambat membantu untuk mengalahkan masalah booting saat overclocking pada frekuensi CPU yang tinggi. Cukup dengan sekali tekan pada tombol, overclocking akan menjadi stabil dan memudahkan sistem berhasil booting ke windows. Namun jelas hal ini kurang disukai oleh para overclocker,

Complete Discharge

Berbeda dengan clear CMOS, dengan sekali menekan tombol ini, profil kita yang sudah kita buat di BIOS akan dihapus namun tidaklah secara keseluruhan.

CeaseFire

Dengan tombol ini kita bisa menonaktifkan salah satu slot x16 PCI-E tanpa perlu melepas VGA terebut, Dan overclocking masih bisa kita lakukan, bahkan bila kita beralih dari Quad SLI ke  (Triple) SLI.

HUMIDITY PROTECTION

Pengurangan penyerapan kelembaban untuk membantu mencegah “Konduktif Anodik Filament”. Dibekali dengan PCB yang mampu mengatasi kegagalan walau hingga 10x lebih tinggi.

HIGH TEMPERATURE PROTECTION

Semua komponen utama yang digunakan dalam motherboard MSI telah semua lulus pengujian Military Class memastikan operasi yang stabil di lingkungan paling keras.

CIRCUIT PROTECTION

Dipilih dengan bahan terbaik, mempunyai 7 lapisan PCB dan mempunyai perlindungan sirkuit terbaik, yang ditujukan untuk motherboard GAMING.

GAMING CERTIFIED

Motherboard diuji di laboratorium game, dan eSports. Untuk memastikan dalam mendapatkan performa terbaik dan kehandalan dalam permainan yang paling populer di dunia. Teruji dengan  24 jam pengujian permainan online dan offline. MSI memastikan konfigurasi jaringan yang onboard, penerimaan audio dan kinerja FPS juga diuji. Hanya motherboard yang lulus tes ini menerima status GAMING yang  BERSERTIFIKAT.

Fast Storage With SATA Express

SATA Express menawarkan solusi dalam penyimpanan kecepatan tinggi melalui PCI-Express, menyediakan lebih banyak bandwidth untuk SSD generasi terbaru hingga 16 Gb/s.

Twin Turbo Design

Memberikan kecepatan hingga 64GB / s menggunakan Gen3 x4, Turbo M.2 adalah lebih dari 10 kali lebih cepat daripada koneksi SATA III biasa!

Turbo U.2 Host Card (optional)

The U.2 host Card memberikan kinerja hingga 32 Gb / s dan memungkinkan dukungan untuk gen berikutnya 2.5-inch SSD menggunakan konektor U.2. Sebuah chip RedRiver ditambahkan untuk meningkatkan kecepatan transfer data.

USB REDRIVERS

USB 3.1 Gen1 integritas sinyal tidak diperlukan kabel lagi. Khusus USB 3.1 Redrivers Gen1 terhubung ke internal USB 3.1 port pada motherboard MSI Gen1.

DIRECT USB

Ditujukan untuk update BIOS hanya dengan menancapkan flash disk dan direct USB langsung bekerja dengan sendiri tanpa perlu kita susah-susah. tiggal kita menunggu hingga proses selesai.

USB 3.1 GEN1

Peningkatan kinerja yang sangat jauh dibandingkan dengan USB 3.0.

 

 

Facebook Comments

About Team HybridTecno

Check Also

cover01

Unboxing MSI X99A Gaming 9 ACK

Unboxing MSI X99A Gaming 9 ACK     Sekilas Tentang Chipset X99   Semenjak Intel …