Home / Review / Processors / AMD Zen CPU 2016

AMD Zen CPU 2016

Bulan Maret 2016 Kelahiran Bayi AMD Zen CPU

 

FinFET GPU
Gambar from AMD

 

Kabar gembira bagi penggemar CPU AMD. Dibulan Maret 2016 ini AMD akan meluncurkan jajaran prosesornya. Zen CPU, ya…itulah nama yang akan menghiasi beberapa bulan ini. Jajaran prosessor ini salah satunya merupakan platform dari AM4, diamana akan banyak perubahan dan perbaikan dan tentunya tetap mendukung teknologi APU. Zen Core ini dibuat dengan teknologi baru dan arsitektur baru pula. Arsitektur Zen Core memasuki 14nm dan ukuran prosessor sebesar 10mm. Bisa kita lihat screenshot dari AMD FinFET merupakan pendatang baru dan memiliki ukuran yang mencapai 10mm. AMD sendiri dalam menerbitkan prosesor terbaru mereka, membagi dalam dua kasta. Kasta tertinggi adalah Summit Ridge dan kedua adalah Bristol Ridge. Berikut penjelasannya.

AMD Bristol Ridge merupakan APU yang diproduksi berdasarkan arsitektur CPU Excavator. Bristol Ridge mempunyai 4 core Zen ( Quad Core ) dengan teknologi GCN grafik di dalamnya. Dan sudah mendukung secara penuh HSA 1.0, sedangkan socket yang dimilliki adalah FM3. AMD Bristol Ridge yang secara penuh mendukung APU mempunyai proses manufaktur 28nm. Nampaknya Bristol Ridge akan bersaing di jajaran prosesor kelas menengah dan rumor nya akan menggantikan keluarga dari Bulldoze yang berjaya di tahun 2011. Kita tunggu saja kehadirannya, seperti yang dijanjikan oleh AMD.

 

Gambar from AMD

 

Berbeda dengan AMD Summit Ridge. Jajaran prosessor ini merupakan jajaran high-end untuk series FX Series dari AMD. Dengan mengusung proses manufaktur 14nm. Summit Ridge akan tersedia dengan pilihan core hingga 8 core. Seperti yang kita ketauhi bahwa keluarga dari AMD FX adalah jajaran kelas atas dari AMD dan sudah cukup lama AMD tidak mengeluarkan pengganti dari FX series seperti FX 6300, FX 8350, FX-9370,  FX-9590.

Kejayaan Phenom dan Athlon K  nampaknya menjadi pilihan AMD untuk mendesain Zen Core di dalamnya. Sebab bila kita perhatikan bahwa ada kemiripan desain arsitektur dari Phenom dan Athlon K. Begitu juga dengan Bulldoze yang akan digantikan oleh AMD Bristol Ridge. Dan AMD menjanjikan bahwa kinerja dari Keluarga Zen Core ini akan mengalami lompatan yang tinggi baik dari multithreading dan ( perhitungan ) floating point. Bila dalam hal ini AMD berhasil, maka unit aritmetika dan logika serta unit ( bilangan bulat ) integer nya semakin cerdas. Seperti kita ketauhi pada zaman Bulldoze ( Buldoser ) sangat fenomenal dan mampu bersaing dengan i7.

Namun bila kita perhatikan lompatan nano meter ( nm ) dari 28nm ke 14nm, bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi, bahwa ketika proses fabrikasi dari sebuah prosesor terjadi, maka yang terjadi adalah peningkatan kinerja, kepadatan transistor, serta kalkulasi prosesor semakin meningkat. Dan AMD memberikan janji bahwa peningkatan kinerja dari Zen Core ini mencapai 50% dari pendahulunya. Hal tersebut wajar karena Zen Core ini telah mengadobsi  Excavator yang pernah dilakukan kepada beberapa generasi sebelumnya. Seperti Kaveri atau pun Richland. Tidak itu saja, AMD nampaknya ingin menggebrak dunia pasar desktop dengan menghadirkan 16 core dan 32 threads sedangkan L2 cache nya  sebesar 512 KB atau 8 MB dan L3 cache mempunyai empat bagian yang mengusung 8Mb dengan itu secara keseluruhan  untuk L3 mempunyai 32Mb. Dan ke dua prosesor ini jelas sudah mendukung DDR4 dan sebagai tempat singgasana  prosessor yakni motherboard juga akan tersedia dan juga mengalami perbaikan di sana sini.

Tidak sabar rasanya ingin segera mencicipi prosesor yang satu ini. Jelas 2 bulan ini dunia akan disibukkan dan menanti kehadiran prosesor AMD yang satu ini. Sekrang bagaimana dengan anda???? apakah anda tidak ingin segera migrasi ke Zen Core???? Dan Tunggu ulasan kami lebih dalam mengenai Zen Core ini…..

 

amd
Gambar from AMD dan ocaholic.ch

 

AMD AM4
Gambar from AMD dan ocaholic.ch

 

Facebook Comments

About Team HybridTecno

Check Also

FX vs Phenom

AMD Phenom yang Fenomenal

AMD Phenom yang Fenomenal : Perbandingan Kinerja dan Overcloking untuk Harian     Menyimak dan …